Selasa, 17 Juni 2008

keindahan melalui arca..

ketika saya sebagai salah satu dari jutaan anak bangsa Indonesia, datang berkunjung ke sebuah museum dan menemukan beberapa arca peninggalan bangsa Indonesia yang terdahulu, yang terjadi adalah saya memfotonya!
yup, saya memfoto arca-arca tersebut. nope, bukan untuk maksud yang macam-macam, yang saya lakukan adalah sekedar ingin membuat orang lain juga bisa melihat arca-arca indah tersebut tanpa perlu datang ke museum tersebut. (tapi bukan berarti saya ingin membuat anda jadi tidak ingin pergi ke museum tersebut lho).



sejak kerajaan pertama ada di Indonesia, sudah banyak peninggalan berbentuk kreatifitas pada media batu di Indonesia. baik prasasti maupun arca-arca. arca-arca yang ada di Indonesia sebagian besar berwujud sebagai bentuk penyembahan dalam keagamaan, terutama dalam agama Hindu dan Buddha. tidak terhitung banyaknya arca sang Buddha dan arca dewa-dewi agama Hindu yang sangat indah yang ditemukan bumi pertiwi Indonesia ini. beberapa dari kita mungkin hanya akan memandang sepele batu-batu yang terukir ini. tapi apa pantas kita hanya begitu saja melihatnya? coba bayangkan, pada zaman dahulu, ketika teknologi mungkin tidak bisa disama-ratakan dengan zaman modern seperti ini, sudah banyak seniman-seniman Indonesia yang mungkin sudah setingkat 'maestro' dalam seni memahat. ya sebut saja bukti yang paling menonjol dan terkenal yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan.


arca-arca yang ku foto ini memang hanya sebagian kecil dari sekian banyak arca-arca indah yang ada di bumi Indonesia. tapi dengan sebagian kecil ini saja, saya sudah mulai sedikit bisa semakin, semakin lagi mencintai bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar