Jumat, 13 April 2012

Ragunan - Our Zoo Friends

pernah ke Ragunan? kapan terakhir kali ke Ragunan? :D

biasanya kita warga Jakarta sendiri yang jarang atau sudah lama gak main ke Taman Marga Satwa Ragunan. paling dulu pas masanya jalan-jalan anak sekolahan. ku sendiri untungnya terakhir kali ke Ragunan itu ya pas photowalk Levitasi Hore kemarin, meskipun dateng buat foto-foto belaka, gak lihat penghuninya sama sekali. makanya, kali ini datang buat bener-bener berjumpa sama penghuninya. :D
apa sih yang kita lihat di Ragunan? hewan aja kan? yup, hewan! tapi justru itu, sesering apa sih kita bisa melihat hewan-hewan yang jelas gak akan kita lihat berkeliaran di depan rumah? hehehe. plus, percaya deh, hewan-hewan ini menyenangkan banget untuk dilihat!
ada yang lagi tidur, ada yang lagi guling-gulingan, lompat-lompat, sampai yang diem menatapi manusia-manusia pengunjung kebun binatang ini. jadi, sebenarnya, siapa yang melihat siapa? :D
akhir-akhir ini santer terdengar kasus pembantaian orang hutan di habitat asli mereka. sedih jelas, tapi keberadaan orang hutan di kebun binatang bisa cukup memberi kontribusi yang positif. perkenalkan apa itu orang hutan, bagaimana mereka mahluk hidup yang hidup dengan damai, kenali mereka, tau lebih jelas, jadi kita bisa sayang akan keberadaan mereka. dari situ, kita bisa lebih tau pentingnya menentang pembantaian orang hutan di habitat aslinya.
hewan-hewan di kebun binatang Ragunan ini menempati kandang-kandang yang dibuat semirip mungkin dengan habitat mereka (dengan keterbatasan yang ada juga tentunya). agak sedih memang melihat kondisi mereka yang terkurung, tapi balik lagi, semoga sisi positifnya, bisa mengajarkan kepada manusia akan keberadaan mereka, karena belum tentu kita bisa menyambangi langsung habitat aslinya.
dari jauh kayak sebongkah batu panjang, begitu makin deket dilihat, eh, si Komodo! hahaha. setahun belakangan terkenal sama proyek keajaiban dunianya. di Ragunan, ada beberapa ekor yang asik berdiam menikmati udara sambil menonton orang-orang yang terkagum-kagum melihat mereka di sana. :))
ada juga gajah, terlihat cuma satu yang paling besar di kandang.
kesepian ya? :(
zebra-zebra yang berkumpul di meja dengan atap,
kayak lagi pada ngumpul mau makan siang bareng? :D
burung onta, juga onta yang sebenarnya. :D
dari jauh air tenang, sedikit mendekat, ada dua pasang mata.
kuda nilnya malu-malu. hehehe. tapi semangat pas ada pengunjung yang kasih makan. jelas gak baik. kalau berkunjung, ingat, jangan sembarangan kasih makan ke hewan ya. :)


my favorite! *mengaum* :D
raja-raja hutan ini dengan asiknya berdiam di kandang mereka masing-masing. kalau di habitat aslinya mana mungkin kita bisa melihat mereka sedekat ini kalau gak siap-siap dikejar balik dijadiin makan siang? percayalah, jauh lebih bagus melihat mereka hidup dan bernafas seperti ini daripada jadi kulit di pakaian maupun tas atau barang lainnya. :)


ada juga hewan yang ku kurang suka liat.
ngelihatnya aja dah bergidik. sorry. :))

ada sebagian hewan primata yang tinggal di kandang-kandang kecil. sedih liatnya, meskipun tetap ada ruang untuk mereka lompat dan berjalan, tapi begitu mereka duduk di tepi jeruji besi terus memandang ke luar, ke kebebasan yang sedang dinikmati para penontonnya, sedih. :(
lalu kandang burung! :D
ada banyak burung di sini. ada merak, kakak tua, elang, sampai burung flamingo yang warnanya merah muda cerah, tapi sayang lagi tidur. :D


ku sendiri jadi berpikir, Ragunan sebenarnya dalam kondisi terawat yang juga tidak terawat. beberapa kandang terlihat kurang baik. tapi kalau melihat Ragunan aja seperti ini, bagaimana Kebun Binatang Surabaya yang konon lebih parah? :(

ayo main ke Ragunan. beli tiket, dan ikut merawat kebun binatang ini beserta hewan-hewannya. bawa teman, adik, kakak, ponakan untuk bisa lebih kenal apa yang sebenarnya ada di dunia ini selain manusia yang kita temui setiap hari. :)

2 komentar:

  1. Enaknya udah pernah ke ragunan. Fotonya keren gan :D nice post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke Ragunan itu gampang lho sekarang. naik TransJakarta (sekalian biar lebih kerasa jalan-jalannya), dari koridor itu langsung turun di tujuan akhir halte Ragunan. :)
      coba deh. :D

      Hapus