Kamis, 08 Maret 2012

American Batik Exhibition

pas lagi jalan di East Mall - Grand Indonesia hari Minggu kemarin, akhirnya malah jadi bisa lihat pameran batik. nama pamerannya : American Batik Exhibition. :D
pamerannya gak besar, sayangnya cenderung kecil. jadi ku sendiri pun cuma ngeh pas jalan, eh kok ada bebeberapa batik dipamerin, plus suara gending Jawa diputer dari speaker. pas lihat dari deket, baru deh sadar, wow, batik-batiknya kok bagus-bagus!
singkat cerita, ternyata di tahun 2011 udah diadakan kompetisi mendisain batik Amerika di Amerika Serikat dan inilah pameran dari pemenang-pemenangnya. jadi tiap peserta diminta membuat disain batik dalam bentuk digital, baru nantinya dibuat bentuk kain batiknya oleh pembatik di Indonesia. tujuannya untuk mendorong warga Amerika untuk memahami dan mempelajari batik dan budaya Indonesia lebih dekat lagi.
nice pilot project
! :)
Divine Unity oleh Elizabeth Urabe (Arizona).
penggambaran batiknya bernilai kebebasan dan kemerdekaan dalam bentuk dan pola yang luas dan explosive, dan disain ini juga punya benang misterius yang terkait satu sama lain. maksudnya Urabe di sini, batik sendiri memiliki kemampuan untuk memajukan hubungan antara cinta dan perdamaian antar negara. :)
Matahari Terbit dari Timur dan Menyinari Barat oleh Joanne Gigliotti.
pertama melihat batik ini, ku langsung suka ada gambar pesawat terbangnya! hahaha. batik ini menggambarkan nilai-nilai hidup di Amerika dan relevansinya dengan Indonesia.
Batik Indigo dengan Kode QR oleh Kelly Cobb (Philadelphia)
batik ini terinspirasi dari batik Sudagaran , dengan memiliki pola kode terbaru yang populer di Amerika Serikat : QR Code. teorinya : kode QR yang ada di batik ini bisa di-scan menggunakan iPhone atau perangkat android, lalu akan terhubung dengan website perancang batik ini!
Abundance oleh Jennifer Doheny (Milwaukee)
this one is my favourite! melihat batik ini langsung kebayang, duh, jadi kemeja pasti bagus banget ini! hahahaha! batik ini terinspirasi dari sumber daya alam Amerika Serikat, dan penghormatan kepada penduduk asli dengan simbol bisonnya.
Batik Cowboy oleh Jamie Stearns (New York)
Cowboy yang simbol Amerika dibawa ke budaya Indonesia! refleksi kebebasan, kesetiaan, kekuatan cowboy dengan gambaran cara berjalan, bentukan garis tangan dan di wajah tergambar di batik ini. :)
Star and Stripes oleh Nikki Pison (New York)
pas lihat yang satu ini, kepikiran, ini juga dah Indonesia banget ya? hehehe.
batik ini menggambarkan metafora perpaduan budaya dengan kupu-kupu kerajaan yang menyampaikan ide-ide , visi, dan perspektif baru. Batik Totem oleh Arianna Toft
wow! lucuuuu! kirain ini bukan batik lho, semacam barang dari toko yang ikutan mampir. hahaha. tiang totem yang jadi budaya khas penduduk asli Amerika, dibawa masuk ke dalam disain batik! serigala, burung hantu, singa gunung, rusa, kelinci, katak, panda, kuda, kura-kura, burung rajawali, kerbau, ular. :DAmber Waves of Grain oleh Carol Steuer (New York)
batik dengan penggambaran penghormatan pada gandum, yang merupakan panen utama Amerika Serikat dan salah satu dasar budaya.
Batik Pantai oleh Ashley Bowman (California)
refleksi pantai-pantai di selatan California. warna cerah, matahari keemasan, budaya surfing, harapan kehidupan masuk menjadi disain sebuah batik.
lagi dan lagi, pengingat akan betapa besarnya budaya bangsa Indonesia. Batik sudah diakui dunia sebagai budaya dari Indonesia. sudah diakui, tentunya kita jadi siap untuk membaginya kepada dunia. jangan lupa mencintai batik, pakai di kesempatan-kesempatan yang ada. :)
"The 21st Century will be an era of confluence and fusion between cultures. This is a perfect time for the rich heritage of Indonesian batik to meet American contemporary designs."
- Duta Besar Dino Djalal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar