Senin, 19 Januari 2009

sayur bayam, black forest dan babi panggang..

-filosofi sebuah sayur bayam-
suatu siang hari, ku duduk di meja makan untuk menikmati makan siang.
bokap dah makan, nyokap juga dah makan, jadilah ku seorang diri untuk makan.
lauknya simple, ikan kakap dipotong kecil dipedesin (nyummy..) dan sayur bayam yang bening.
seperti biasa masakan nyokap selalu lezat dan kuhabiskan. tapi pas mau penghabisan, ku liat di mangkok sayur bayam masih ada beberapa potongan jagung yang tersisa, berhubung masih laper, ya disantap deh. jagungnya manis banget, empuk pula. dan.. ku jadi berpikir, inilah yang sering kali ku kangenin pas di Jogja. bisa nikmatin masakan nyokap! memang pas ku pulang biasanya nyokap bakal berusaha nyenengin dengan masak masakan yang istimewa, tapi yang simple aja pun bisa ngebuat perasaan bahagia ketika di rumah menjadi meluap-luap! hahaha!
sebuah potongan jagung manis di sayur bayam membuatku makin betah untuk tinggal di rumah!

-filosofi sebuah blackforest-kemarin baru aja perayaan tahun baruan. seperti biasa, udah tradisi, ku n keluarga ku kumpul semua di rumah. dan sebenernya ada satu hal lagi yang sangat menjadi tradisi di keluarga ku. yaitu selalu hadirnya ku blackforest pas acara tahun baru itu.
tapi, hebatnya, malam tahun baru kemarin, ga ada blackforest tersedia! hahaha..
ada apa gerangan? ternyata usut punya usut yang diusut, kakak ku lagi males buat beli kue yang satu itu, dengan alasan : "belinya sih ga masalah, ribet bawanya boo..."
hahaha. dasar males ya males aja..
tapi gapapa sih, toh nyokap tetep bikin kue bolu yang dilapisi krim bertaburkan keju parut yang super menggoda juga yang akhirnya membuat kami kenyang di malam tahun baruan itu. mom's cake always makes us happy!
dan masih sesuai tradisi, berhubung bokap adalah anak cowok tertua yang ada di Jakarta, di tanggal 1 pun datanglah keluarga deket ke rumah. yang datang yaitu namboru-amangboru (tante n paman dari pihak bokap) plus sepupuku dengan suaminya dan adik-adiknya. dan taraaaa..........! mereka membawakan kami blackforest! hahaha! tetep aja, tahun baru kali ini pun kue itu tetep hadir di meja kami!
sebuah tradisi memang bisa menjadi sangat menyenangkan!

-filosofi sebuah babi panggang-yang dimaksud dengan babi panggang disini adalah sebuah masakan. yup, masakan yang sangat enak dan digemari oleh ku (hahahaha) dan sebagian besar anggota keluarga ku.
di tanggal 4 Januari, keluarga besar dari bokap kumpul di rumah om ku di Pulo Asem. yang datang banyak! dan ga lama diriku ga melihat saudara sebanyak itu kumpul, lah, aku sibuk maen di Jogja sih. hehehehe.
ketika acara makan, ku n abang Deny (abang iparku) sempet ngobrol pas sudah menghadap meja makan yang telah dipenuhi makanan siap santap. kami membicarakan tentang mari mengincar babi panggangnya! hahaha.
dan memang benar, piring yang menjadi tempat babi panggang pun menjadi yang paling cepat habis. wah....wah... sebegitu populernya kah?
tapi, masakan ini memang akan selalu muncul di tiap acara besar keluarga kami. memang sih bisa aja nyokap bikin masakan ini buat kita-kita, tapi beda aja. hadirnya masakan babi panggang ini ketika di acara besar keluarga seperti makin memberi rasa kumpulnya keluarga kami. hehehe. apa cuma perasaan n daya imajinasi ku aja ya? hahahaha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar